Makalah Mesin Bubut

Makalah Mesin Bubut

Makalah Mesin Bubut


KATA PENGANTAR

Puji syukur mari sama - sama kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas segala rahmatnya saya dapat menyelesaikan penyusunan Makalah Mesin Bubut ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana dan jauh dari kata sempurna. Semoga Makalah Mesin Bubut ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan dan pembelajaran, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Harapan saya semoga Makalah Mesin Bubut ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi Makalah Mesin Bubut ini sehingga kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi. Makalah Mesin Bubut ini saya akui masih banyak kekurangannya karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang dan jauh dari kata sempurna. Oleh kerena itu saya harapkan kepada seluruh para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Makalah Mesin Bubut ini.


Selajambe, 12 Mei 2017



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Kalian tau apa itu mesin bubut? Mesin bubut adalah suatu mesin yang dibuat dari logam atau besi, yang digunakan untuk membentuk suatu benda kerja dengan cara menyayat, dan tidak lain gerakan utama mesin ini adalah berputar. Dalam bidang industri Mesin bubut ini sangat berperan, terutama didalam permesinan. Misalnya dalam bidang otomotif, mesin bubut sangat berperan penting dalam pembuatan komponen-komponen atau sparepart kendaraan, seperti baut-baut, gir gerigi, mur, tromol, poros roda  dan lain sebagainya. Dalam sisi penggunaan mesin bubut ini juga dapat dihubungkan dengan mesin lain seperti mesin gerinda ( grinding machine), mesin bor ( drilling machine ), mesin sekrap (  shaping machine), mesin gergaji ( sawing machine), mesinfrais ( milling machine ) dan mesin lainnya. Namun ada salah satu hal yang sangat penting dari sebuah mesinyaitu mengenai perawatannya. Perawatan ini dilakukan untuk menjaga kondisi mesin supaya terlihat baik dan keadaan yang baik. Pertama-tama sebelum kegiatan perawatan ini dilaksanakan, diperlukan kegiatan suatu perencanaan perawatan itu sendiri terlebih daulu. Ini bertujuan agar proses perawatan berjalan dengan sangat bgaik dan sesuai rencana.

B.       Rumusan Masalah
1.        Apa pengertian dari mesin bubut? 
2.        Apa fungsi dari mesin bubut?
3.        Apa saja jenis-jenis mesin bubut?
4.        Apa saja sumber referensi yang terkait dengan perawatan mesin bubut ini?

C.      Tujuan
1.       Mampu memahami yang dimaksud dengan mesin bubut.
2.       Mampu memahami fungsi dari mesin bubut itu sendiri.
3.       Mampu memahami macam atau jenis-jenis mesin bubut.
4.       Mampu mengoperasikan mesin bubut dan melakukan perwatan dengan semestinya.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Mesin Bubut
Mesin bubut adalah suatu mesin yang dibuat dari logam atau besi, yang digunakan untuk membentuk suatu benda kerja dengan cara menyayat, dan tidak lain gerakan utama mesin ini adalah berputar. Dalam bidang industri Mesin bubut ini sangat berperan, terutama didalam permesinan. Misalnya dalam bidang otomotif, mesin bubut sangat berperan penting dalam pembuatan komponen-komponen atau sparepart kendaraan, seperti baut-baut, gir gerigi, mur, tromol, poros roda  dan lain sebagainya. Dalam sisi penggunaan mesin bubut ini juga dapat dihubungkan dengan mesin lain seperti mesin gerinda ( grinding machine), mesin bor ( drilling machine ), mesin sekrap (  shaping machine), me sin gergaji ( sawing machine), mesinfrais ( milling machine ) dan mesin lainnya. 

Proses mengoperasikan mesin bubut atau sering kita kenal dengan proses bubut adalah suatu proses dimana pengerjaan material benda kerja dan alat pahat bergerak secara mendatar (searah meja mesin), melintang atau membentuk sudut secara perlahan dan teratur baik secara otomatis atau pun dioperasikan manual. Pada proses pembubutan, benda kerja berputar dan pahat disentuhkan pada benda kerja sehingga terjadi penyayatan. Penyayatan dapat dilakukan kearah kiri atau kanan, sehingga menghasilkan benda kerja yang berbentuk silinder. Jika penyayatan dilakukan melintang maka akan menghasilkan bentuk alur, pemotongan  atau permukaan yang disebut facing (membubut muka).

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.


Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Mesin Bubut ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentarnya.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon