Trouble Pada Saat Pemasangan ONT dan STB Indihome Beserta Solusinya

Trouble Pada Saat Pemasangan ONT dan STB Indihome

Trouble Pemasangan ONT dan STB Indihome - Siapa yang tidak kenal dengan alat yang satu ini, yaitu ONT dan STB. Alat ini digunakan oleh PT. Telkom sebagai media untuk mengakses jaringan melalui jalur fiber optic dari telkom ke rumah pelanggan menjadi jaringan Wirreless. Dan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Trouble Pada Saat Pemasangan ONT dan STB Indihome Beserta Solusinya. Bisa langsung saja disimak penjelasan dibawah ini.

Lampu Indikator Los Berkedip Merah Pada ONT

Trouble Pada Saat Pemasangan ONT dan STB Indihome

Biasanya terjadi karena ada masalah yang terjadi pada kabel fiber optic. Bisa jadi masalah kabel dari modem ke tiangnya, kabel fiber optic ada yang putus atau mungkin masalah pada fiber konektornya.

Cara Mengatasinya adalah, dengan mengecek redaman kabel fiber optic dengan OPM (Optical Power Meter), kalau tidak ada redaman sama sekali pada kabel fiber optic berarti kabel fiber optic bermasalah, untuk memperbaikinya kita dapat melakukan penarikan ulang kabel fiber optic baru dari tiang kotak ODP ke ONT pelanggan. Atau dengan cara menyambung bagian kabel fiber optic yang putus dengan menggunakan alat penyambung kabel fiber optic (Splicer).

Kode Erorr UseeTV Indihome “1901”

 Kode Erorr UseeTV Indihome

Kode Erorr UseeTV Indihome“1901” atau Kabel Jaringan/LAN dari ONT/Modem ke STB/Dekoder tidak dapat tersambung ke internet. 

Cara mengatasinya adalah :
  1. Perhatikan pada STB, jika kabel LAN tidak tersambung dengan benar ke ONT atau modem biasanya pada lampu indikator LAN akan berwarna merah. Namun jika kabel LAN tersambung dengan baik, maka lampu indikator akan berwarna hijau.
  2. Cek kabel LAN dari ONT ke STB pastikan tidak putus atau konektor RJ45 tidak lepas/kendor.
Lihat Juga :

Kode Erorr UseeTV Indihome “4514”

Kode Erorr UseeTV

Penyebab error ini karena data multicast yang diterima 'timeout'. Salah satu penyebab dari 'data timeout' adalah kurangnya bandwidth atau terjadi masalah pada sistemnya. Cara mengatasinya bisa dengan cara merestart STB.

Demikian sedikit penjelesan dan ulasan tentang Trouble Pada Saat Pemasangan ONT dan STB Indihome Beserta Solusinya. Sekian dan terima kasih semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dimanapun berada.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon