Makalah Thermodinamika

Makalah Thermodinamika



MAKALAH

THERMODINAMIKA

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Fisika








Disusun oleh :
                                               
Nama             : Miftahudin
Kelas              : XI. TSM










SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK AL - IHYA SELAJAMBE
KECAMATAN SELAJAMBE KABUPATEN KUNINGAN
Jalan Raya Lapang Gintung No.09 Desa/Kec. Selajambe Kab. Kuningan 45566




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Shalawat serta salam selalu tecurahkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya serta kami selaku umatnya. Semoga kita mampu meneladani beliau sebagai manusia yang berguna.
Adapun tujuan penyusunan makalah ini yaitu untuk memenuhi salah satu tugas individu dari mata pelajaran fisika dengan judul Thermodinamika Magnet, Getar, Gelombang, Dan Bunyi”. Semoga dengan diberikannya tugas ini kami dapat meningkatkan pemahaman tentang mata pelajaran fisika ini.  Pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas belajar kami.
Makalah ini tentu tidak akan berhasil tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu memberikan saran serta masukan untuk menyempurnakan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Dengan demikian, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah kami menjadi lebih baik dan berguna di masa yang akan datang.




Selajambe, 15 Juni 2016

  Penulis







DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR……………………………………………………..……............     i
DAFTAR ISI.…………………………………………………………...................…....      ii
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang…………………………………………………………......….........      1
2.      Rumusan Masalah.....................................................................................................       1
3.      Tujuan.......................................................................................................................       1
4.      Manfaat.....................................................................................................................       1
BAB II PEMBAHASAN
1.      Pengertian Termodinamika.......................….............……................…………......        2
2.      Macam - Macam Energi...........................................................................................        2
BAB III PENUTUP
1.      Kesimpulan…..……………………………………….....………………………......     6
DAFTAR PUSTAKA



BAB I

PENDAHULUAN



1.      Latar Belakang

Thermodinamika memainkan peran penting dalam analisis sistem dan piranti yang ada didalamnya terjadi perpindahan formasi energi. Implikasi thermodinamika bercakupan jauh, dan penerapannya membentang ke seluruh kegiatan manusia. Seiring dengan majunya teknologi kita, perkembangan sains telah memperkaya kemampuan kita untuk memanfaatkan energi dan menggunakan energi tersebut untuk kebutuhan masyarakat. Kebanyakan kegiatan kita melibatkan perpindahan energi dan perubahan energi.  

            Thermodinamika merupakan ilmu tentang energi, yang secara spesific membahas tentang hubungan antara energi panas dengan kerja. Seperti yang telah kita ketahui bahwa energi didalam alam dapat terwujud dalam berbagai bentuk, selain energi panas dan kerja, yaitu energi kimia, energi listrik, energi nuklir, energi gelombang elektromagnit, energi akibat gaya magnit, dan lain-lain . Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain, baik secara alami maupun hasil rekayasa tehnologi. 


2.      Rumusan Masalah

1.      Apa definisi termodinamika ?

2.      Apa definisi dari getaran ?

3.      Apa definisi dari gelombang ?

4.      Apa definisi dari bunyi ?

3.      Tujuan
  1. Memahami definisi termodinamika.
  2. Memahami definisi dari getaran
  3. Memahami definisi dari gelombang.
  4. Memahami definisi dari bunyi.
4.      Manfaat
Makalah ini dapat memberikan beberapa manfaat, diantarnya dapat menambah wawasan  dan pengetahuan bagi pembaca.
  
Lihat Juga :




BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Termodinamika
Thermodinamika adalah ilmu tentang energi, yang secara spesific membahas tentang hubungan antara energi panas dengan kerja. Seperti telah diketahui bahwa energi didalam alam dapat terwujud dalam berbagai bentuk, selain energi panas dan kerja, yaitu energi kimia, energi listrik, energi nuklir, energi gelombang elektromagnetik, energi akibat gaya magnet, dan lain-lain . Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain, baik secara alami maupun hasil rekayasa tehnologi. Selain itu energi di alam semesta bersifat kekal, tidak dapat dibangkitkan atau dihilangkan, yang terjadi adalah perubahan energi dari satu bentuk menjadi bentuk lain tanpa ada pengurangan atau penambahan. Prinsip ini disebut sebagai prinsip konservasi atau kekekalan energi.



Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.

Download Makalah Thermodinamika

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Thermodinamika ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon