Arti Dari Corp, Inc, Ltd dan Tbk

Arti Dari Corp, Inc, Ltd dan Tbk



Ketika kita membaca sebuah perusahaan sering kali kita melihat istilah Tbk, Ltd, Inc dll. secara sepintas kita pasti akan kebingungan apa maksud sari kata tersebut, baiklah kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa yang kita tanya-tanyakan dalam pikiran kita selama ini. Coba kita lihat satu persatu ulasan dibawah ini :

1. Corp. (Corporation)
Adalah perusahaan induk berbadan hukum yang memiliki banyak perusahaan dibawahnya. dan perusahaan induk ini memiliki hak dan kewajiban yang berbeda - beda terhadap perusahaan - perusahaan yang dibawah naunganya atau controlnya. Perbedaanya bermacam - macam, baik bentuk usaha atau jenis bisnisnya dan memiliki macam-macam bentuk, misal organisai profit dan non profit.

Kepemilikan peruhaanya diatur dengan hukum, semacam (AD/ART). Tidak bisa dipindah kepemilikanya begitu saja kepihak lain. Hingga sahamnya tidak bisa dijual secara bebas, sedangkan contoh perusahaan yg dibawah naungan oleh korporasi (Corp.) itu semisal PT (Perseroan Terbatas), bisa juga CV( Commanditaere Vennotschap) dibaca persekutuan komanditer.

2.  Inc. (Incorporation)
Adalah bentuk perusahaan baru dari Corporation. Yang ini maknanya beda-beda kalau Corporation sahamnya tidak bisa dijual secara bebas, sedangkan Incorporation sahamnya bisa dijual bebas karna kepemilikanya bersifat transferable atau bisa dipindah tangankan kepihak lain tanpa serumit Corporation.

3. Ltd. (Limited Company)
Merupakan perusahaan corporation, yang dibawah naungan perusahaan holding atau induk, hanya saja, Ltd ini memiliki perjanjian terbatas dari perusahaan induknya. Dan perjanjian itu banyak macamnya, misalnya tidak boleh buka unit bisnis baru atau yang lainya. Maka dari itu perusahaan tersebut namanya disingkat seperti Perusahaan Ltd, atau perusahaan co,Ltd.

4. Tbk. (Terbuka)
Untuk penjelasan Tbk sama halnya dengan Incorporation, Tbk itu perusahaan yang go publik. New corporation, jadi sahamnya bisa di perjual belikan secara bebas melalui proses yang disebut IPO (Initial Public Offering) yang jika kita baca di surat kabar atau koran disebut Rubrik ekonomi.

Lihat Juga :



Demikian sedikit penjelesan dan ulasan tentang makna dari singkatan yang tertera di akhir nama perusahaan. Sekian semoga bermanfaat dan dapat menambah sedikit wawasan kita.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon