Proposal Usaha Soup Kelapa Pelangi

Proposal Usaha Soup Kelapa Pelangi


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada saat ini banyak sekali orang yang ingin membuat rencana atau kegiatan secara mudah dan efisien yang tidak memerlukan banyak tenaga. Contohnya dalam hal penyiapan hidangan makanan maupun minuman dikalangan masyarakat saat ini. Dan biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari orang lain ketimbang membuatnya sendiri, tentunya dengan berbagai alasan misalnya, pertimbangan waktu, ketidaktahuan dan tenaga.

Oleh karena itu dengan mengangkat potensi produk lokal yang mudah, murah dan digemari masyarakat saat ini. Maka dari pemikiran inilah ide untuk membuat bisnis atau usaha “Soup Kelapa Pelangi” ini muncul. Mulai dari memulai usaha, menyusun dan mencari dahulu peluang usaha di pasar masyarakat. Tidak lain tujuan utamanya adalah bukan untuk mencari uang tetapi hal yang lain, uang akan datang sebagai konsekuensi logis, bukan tujuan utama dari usaha ini. Jadi dengan kita membuat bisnis yang kita sukai dan gemari, maka itulah yang dinamakan dengan sukses. Maka kalau seperti itu usaha ini tidak akan menjadi beban, tetapi akan menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai tanpa takut akan kegagalan karena lebih baik mencoba dahulu dan gagal kemudian sukses didapat.

B. Visi
  1. Menjadikan usaha ‘Soup Kelapa Pelangi” terkenal, trunggul, terlaris, dan digemari masyarakat.
  2. Sebagai peluang usaha yang lumayan menjajikan di masa yang akan datang.

C. Misi
  1. Memperkenalkan hidangan kuliner terbaru yang cocok untuk kalangan masyarakat.
  2. Memajukan usaha dengan membantu meningkatkan point of selling dan profit secara berkesinambungan.
  3. Menyediakan produk yang halal, inovatif, dan berkualitas dengan harga terjangkau sebagai bentuk pelayanan terhadap konsumen.
  4. Menjadi mitra masyarakat untuk belajar wirausaha dan berbisnis.

Lihat Juga


BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA

A. Analisis Peluang Usaha

Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menganalisa peluang usaha atau dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya :
  1. Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat)

  • Strenght (kekuatan), Usaha Soup Kelapa Pelangi ini tidak membutuhkan modal yang  besar, dan proses pembuatannya sangat mudah dan murah meriah.
  • Weakness (kelemahan), Kelemahan dari Soup Kelapa Pelangi ini tidak bisa di awetkan terlalu lama (cepat basi) karena tanpa pengawet dan pemanis buatan, jadi semuanya alami.
  • Opportunity (peluang), Dari sisi pelung usaha Soup Kelapa Pelangi ini sangat tinggi karena Soup Kelapa Pelangi ini belum pernah ada yang buat. Begitu juga dengan harga yang kami tawarkan cukup murah dan terjangkau bagi kalangan masyarakat.
  • Threat (ancaman), Bisa jadi suatu ketika ada saingan yang menjiplak usaha Soup Kelapa Pelangi ini (plagiat). Dan juga jika terjadi kecelakaan pada produksi usaha ini, itu juga merupakan salah satu ancamannya.


Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Daya dan Usaha

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Proposal Usaha Soup Kelapa Pelangi ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar kalian dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon