Proposal Usaha Seblak

Proposal Usaha Seblak


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Karena semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat pada saat ini maka dalam memenuhi kebutuhannya terutama dalam kebutuhan pangan, maka begitu juga semakin meningkat pula keanekaragaman kebutuhan masyarakat terutama dalam hal makanan. Di Indonesia mempunyai banyak sekali keanekaragaman makanan, dan setiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri, dilihat dari sosial budaya, tingkah laku atau dari segi kebiasaan. Semua itu dipengaruhi oleh keadaan  lingkungan tempat tinggal, iklim atau tingkat penghasilan yang berbeda – beda.
Masyarakat Indonesia semakin kreatif dan inovatif dalam membuat resep baru untuk meningkatkan kebutuhan pangan mereka sehari – hari, mereka juga kreatif dalam membuat jajanan dari berbagai daerah. Tentunya dalam hal ini saya akan membuat suatu jajanan khas Bandung yang sudah tidak asing lagi didengar atau dirasa oleh masyarakat kota Jakarta yang mayoritas menyukai jajanan dengan rasa pedas yaitu“Seblak”. Selain rasanya yang enak dan pedas harganya pun relatif murah terjangkau oleh semua kalangan dan bahannya pun mudah didapat serta cara pembuatannya juga cukup mudah.

1.2 Konsep Usaha
            Untuk konsep usaha penjualan“Seblak” ini tentunya merupakan usaha kecil yang hanya dijalankan untuk sementara dalam menambah pemasukan kebutuhan hidup sehari – hari. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka saya akan memperbesar usaha ini dengan membuka usahadi berbagai daerah atau tempat lain.

1.3 Visi & Misi Usaha
Menciptakan dan mengembangkan makanan khas Bandung yang kenyal dan peda ssehingga dapat disukai oleh masyarakat Jakarta dengan membuat seblak yang beraneka ragam dengan berbagai hiasan – hiasan makanan lain yang dicampur, sesuai dengan kesuakaan konsumen yang membeli.

1.4  Tujuan Usaha
Tujuan dari usaha penjualan “seblak” ini adalah :
1.      Memperoleh penghasilan atau pendapatan tambahan.
2.      Mengisi waktu luang.
3.      Memenuhi kebutuhan jajanan untuk masyarakat.
4.      Memanfaatkan peluang usaha yang ada.

BAB II
ASPEK PEMASARAN


2.1 Pasar Keseluruhan
Makanan “Seblak” ini saya tujukan untuk semua golongan usia yang berada di kota Jakarta yang suka dengan kebiasaan mengonsumsi jajanan yang pedas, tetapi orang tua pun cukup banyak menyukai seblak. Produk yang saya pilih ini mempunyai rasa yang sangat gurih, asin serta pedas (bias disesuaikan dengan permintaan konsumen).
Di mana cita rasa seperti ini pada umumnya sesuai dengan lidah orang Indonesia yang menyukaicita rasa khas bumbu rempah – rempaah yang mempunyai aroma yang dapat mengundang selera.

2.2 Rencana Penjualan
            Mencari lokasi yang strategis, ramai dan cocok untuk berjualan. Membuat tempat makan seblak yang nyaman dan cocok untuk para anak muda yang menghabiskan waktunya.

2.3  Penetapan Harga
Untuk harga jual“seblak” menurut porsi sebagai berikut :
-          Seblak ½ porsi       : Rp. 5.000
-          Seblak 1 porsi        : Rp. 10.000

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Daya dan Usaha

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Proposal Usaha Seblak ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon