Makalah Sistem Hidrolik

Makalah Sistem Hidrolik


KATA PENGANTAR

Pertama marailah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul : “SISTEM HIDROLIK”.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Maka dari itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah mengenai Sistem Hidrolik ini.
Akhirnya, tiada kata yang dapat kami berikan selain harapan dan terima kasih. semoga Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta dapat meningkatkan keimanan kita menjadi hamba Allah yang mulia.

Selajambe, 10 Maret 2013




Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Tidak lain pertama penulis akan menjelaskan sistem hidrolik adalah teknologi yang memenfaatkan zat cair, biasanya oli, untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Sistem ini bekerja berdasarkan prinsip jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat kesegala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya. Jadi prinsip dalam rangkaian hidrolik itu adalah menggunakan fluida kerja berupa zat cair yang dipindahkan dengan pompa hidrolik untuk menjalankan suatu sistem tertentu.
 Maka dari itu kami selaku penulis merasa sangat termotivasi untuk membahas materi mengenai Sistem Hidrolik ini, selain itu juga sebagai upaya memenuhi salah satu tugas kelompok kami.

B.       TUJUAN
Tujuan utama kami dalam menyusun makalah ini yaitu supaya para pembaca dapat mengetahui pengertian dari Sistem Hidrolik, Manfaat Sistem Hidrolik dan macam-macam Sistem Hidrolik.


BAB II
PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN HIDROLIK
Kata hidrolik berasal dari bahasa Inggris hydraulic yang berarti cairan atau minyak. Prinsip dari peralatan hidrolik memanfaatkan konsep tekanan, yaitu tekanan yang diberikan pada salah satu silinder akan diteruskan ke silinder yang lain., sesuai dengan hukum Pascal.
Fungsi utamanya yaitu peralatan hidrolik tidak lain untuk memperbaiki bodi kendaraan memiliki ukuran yang sangat bervariasi, dari peralatan yang hanya memiliki kekuatan sekitar 1 ton, sampai dengan 50 ton. Jenis yang digunakan disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi. Jenisnya juga beragam dan beberapa alat dapat saling dikombinasikan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka perlu diperhaikan prosedur perbaikan dengan alat hidrolik.  Dalam penggunaan berbagai peralatan hidrolik, biasanya  kita sering menggunakan oli sebagai perantara untuk menyalurkan tekanan. Jadi, perbaikan bodi kendaraan memanfaatkan oli untuk membantu pekerjaan kita. Konsep dari sistem hidrolik ini juga banyak digunakan pada pemakaian sistem rem kendaraan, dongkrak kendaraan, alat pengangkat mobil ketika dicuci, juga pada berbagai alat berat seperti back hoe, excavator dan lain sebagainya.

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Sistem Hidrolik
Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Sistem Hidrolik ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


11 komentar

bos bsa di copy ga

Balas

download nya gimana?

Balas
avatar
Anonymous 3:08 AM

numpang copy om makasih ^^

Balas

maaf sblm nya mo tnya kox ngg dza d download??

Balas

makasiih.., sangat mambantu..

Balas
avatar
Anonymous 10:13 PM

Mkasih info nya gan!!

Balas

makasih gan
yudhaardiansyah nanti saya kunjungi...:)

Balas

kang
anas lazis .. bisa ko :)

Balas

kang
Ekky Juninka Sandi &
dio ilham tinggal copas :)

silakan
RENDI RINALDI


odank wagola sama-sama :)


Anonymous sama2 gan :)

Balas

Thanx gan infonya dan jangan lupa kunjungi blog ane gan di http://fordigo.blogspot.com/

Balas

Mantapp gan, infonya sangat membantu.. kalau butuh hidrolik silahkan kontek ane

0822 1040 9885 / aber@densuko.co.id


Tinggal sebut kapasitas, kami siap membantu :)

ABER Hidrolik, COCOK untuk DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan Top Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.
ABER Ready Stok, tinggal sebut kapasitas Hidrolik Anda !!
!!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
ganti ABER sekarang

Balas

Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon