Makalah Bencana Gunung Merapi

Makalah Bencana Gunung Merapi

KATA PENGANTAR


Puji syukur mari kita penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan Makalah Bencana Gunung Merapi ini.

Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu penulis meminta kritik dan sarannya dari semua pihak, tentu sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.

Akhirnya, tiada kata yang dapat kami berikan selain harapan dan terima kasih. semoga Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta dapat meningkatkan keimanan kita menjadi hamba Allah yang mulia.

Selajambe, Februari 2013




Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan pulau jawa dan perbatasan dengan provinsi jawa tengah di sebelah utara secara geografis yogyakarta terletak dibagian tengah. Daerah tersebut terkena bencana gunung meletus pada tanggal 26 oktober 2010 yang mengakibatkan korban meninggal dan tidak memiliki rumah.

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi dibagian tangah pulau jawa dan merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia dan paling besar sejawa tengah. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam provinsi jawa tengah, yaitu Kabupaten Magelang disisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. 

Kawasan di sekitar puncaknya menjadi kawasan nasional gunung merapi sejak tahun 2004.Gunung berapi ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi pemukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548 ,gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Yogyakarta dan Kota Magelang kota besar terdekat, berjarak 30 km dari puncaknya1. Di lerengnya masih banyak terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak 4 km dari puncaknya. Pleh karena tingkat kepentingannya ini, merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk teraktif.
                                   
Lihat Juga :

BAB II
PEMBAHASAN


Daerah Istimewa Yogyakarta atau sering dipanggil “jogja” saja, kini telah bergejolak dan membara gara-gara bencana alam letusan gunung merapi. Tidak seperti sebelum-belumnya, gunung merapi kini bergemuruh melomtarkan isi dapur magma lebih kuat dan berjangka waktu lebih lama. Gunung merapi pun tak segan-segan menurunkan awan panas ke segala arah, termasuk ke wilayah pemukiman warga jogja.Penduduk jogja kini semakin resah . setiap hari mengalami secara langsung bagaimana susahnya hidup gara-gara bencana merapi kali ini. 

Bahkan hampir setiap sore hujan deras mengguyur Daerah Istimewa Yogyakarta ini, yang mana hal itu mengakibatkan para pengungsi harus berdiri karena tikar di pengungsian sudah seperti kubangan lumpur yang sangat kotor. Hampir setiap jam Gunung Merapi meletus dan mengeluarkan abu vulkanik, yang mana hal itu menekan sisi manusiawi para pengungsi, yakni rasa takut akan mati. Belum lagi kilatan petir menggelempar-gelempar yang menyibak langit kelam Daerah Istimewa Yogyakarta dan menabuh gendang telinga sehingga menciptakan ketakitan yang amat mendalam.


Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Bencana Gunung Merapi

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Bencana Gunung Merapi ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


1 komentar:

+++

Balas

Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon