Puji
syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat
karuniannya saya bias menyusun Makalah dengan judul “Pembelajaran IPA Yang
Kontruktivitas”. Makalah ini sengaja kami susun yaitu untuk memenuhi tugas Mata
Kuliah Pembelajaran IPA sebagai tugas kelompok.
Penulis
sadar mungkin dalam isi makalah ini masih ada yang kurang sempurna, maka dari
itu saya mohon untuk di maklum karena mungkin dari pengetahuan juga belum
begitu luas.
Maka
dari itu saya sebagai penulis mengharapkan sekiranya ada masukan saran dan
kritik dari rekan-rekan yang bersifat membangun, saya tidak segan-segan untuk
menerima kritikan tersebut guna perbaikan makalah kedepan.
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR
ISI............................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang............................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah........................................................................ 2
1.3 Tujuan.......................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Kontruktivitas dalam pembelajaran........................... 3
2.2 Keuntungan
dan kelemahan........................................................ 4
2.3 Pembelajaran
IPA yang bersifat kontruktif................................. 4
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................... 7
3.2 Saran............................................................................................. 7
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam
adalah pengetahuan yang rasional dan objektif tentang alam semesta dengan
segala isinya. Pada mata pelajaran IPA sendiri membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara
sistematis olah manusia yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan
yang dilakukan manusia. Pembelajaran IPA berupaya membangkitkan minat manusia
agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang
penuh rahasia yang tak habis-habisnya. Khusus untuk IPA di SD hendaknya membuka
kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Menurut pandangan konstruktivitas
keberhasilan belajar bukan hanya bergantung lingkungan atau kondisi belajar
melainkan juga pada pengetahuan awal siswa.
Pada saat pembelajaran
IPA di kelas III SDN 1 Cantilan Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan,
mengenai bentuk-bentuk energi dan perubahannya yang diantaranya bentuk energi
gerak, guru diawal pembelajaran tidak melakukan apersepsi, guru langsung
menulis materi di papan tulis, kemudian siswa disuruh mancatat materi tersebut,
setelah siswa mencatat guru langsung menjelaskan materi, ketika guru
menjelaskan banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, mereka
bergurau, ngobrol dengan teman-temannya. Bahkan ada siswa yang menaikan kakinya
ke atas meja. Melihat kondisi kelas seperti itu guru langsung memberikan pertanyaan
kepada siswa seputar materi, namun mereka terdiam dan tidak paham. Dalam proses
pembelajaran guru juga tidak melakukan percobaan mengenai energi gerak,
pembelajaran yang dilakukan guru tidak berpusat pada siswa.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di
atas, maka rumusan masalah penelitian tindakan kelas yaitu :
- Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivitas untuk meningkatkan pemahaman siswa?
- Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi IPA di SD?
1.3 Tujuan
Berdasarkan pertanyaan yang terdapat dalam perumusan
masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan :
- Supaya kita dapat mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivitas untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi IPA di SD.
Lihat Juga :
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Konstruktivitas Dalam Pembelajaran
Kegiatan belajar adalah kegiatan yang aktif, dimana
siswa membangun sendiri pengetahuannya. Siswa mampu mencari arti sendiri dari yang
mereka pelajari, ini merupakan proses menyesuaikan konsep-konsep dan ide-ide
baru dengan kerangka berfikir yang telah ada dalam pikiran mereka. Dalam hal
ini siswa membentuk pengetahuan mereka sendiri dan guru membantu sebagai
mediator dalam proses pembentukan itu.
Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.
Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!
Emoticon