Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas

Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas

KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat karuniannya saya bias menyusun Makalah dengan judul “Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas”. Makalah ini sengaja kami susun yaitu untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA sebagai tugas kelompok.
Penulis sadar mungkin dalam isi makalah ini masih ada yang kurang sempurna, maka dari itu saya mohon untuk di maklum karena mungkin dari pengetahuan juga belum begitu luas.
Maka dari itu saya sebagai penulis mengharapkan sekiranya ada masukan saran dan kritik dari rekan-rekan yang bersifat membangun, saya tidak segan-segan untuk menerima kritikan tersebut guna perbaikan makalah kedepan.


Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................          i
DAFTAR ISI...............................................................................................          ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang............................................................................          1
1.2  Rumusan Masalah........................................................................          2
1.3  Tujuan..........................................................................................          2
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Kontruktivitas dalam pembelajaran...........................          3
2.2  Keuntungan dan kelemahan........................................................          4
2.3  Pembelajaran IPA yang bersifat kontruktif.................................          4
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan...................................................................................          7
3.2  Saran.............................................................................................          7
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan yang rasional dan objektif tentang alam semesta dengan segala isinya. Pada mata pelajaran IPA sendiri membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis olah manusia yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan manusia. Pembelajaran IPA berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh rahasia yang tak habis-habisnya. Khusus untuk IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Menurut pandangan konstruktivitas keberhasilan belajar bukan hanya bergantung lingkungan atau kondisi belajar melainkan juga pada pengetahuan awal siswa.
Pada saat pembelajaran IPA di kelas III SDN 1 Cantilan Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, mengenai bentuk-bentuk energi dan perubahannya yang diantaranya bentuk energi gerak, guru diawal pembelajaran tidak melakukan apersepsi, guru langsung menulis materi di papan tulis, kemudian siswa disuruh mancatat materi tersebut, setelah siswa mencatat guru langsung menjelaskan materi, ketika guru menjelaskan banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, mereka bergurau, ngobrol dengan teman-temannya. Bahkan ada siswa yang menaikan kakinya ke atas meja. Melihat kondisi kelas seperti itu guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi, namun mereka terdiam dan tidak paham. Dalam proses pembelajaran guru juga tidak melakukan percobaan mengenai energi gerak, pembelajaran yang dilakukan guru tidak berpusat pada siswa.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah penelitian tindakan kelas yaitu :
  1. Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivitas untuk meningkatkan pemahaman siswa?
  2. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi IPA di SD?
1.3  Tujuan
Berdasarkan pertanyaan yang terdapat dalam perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan :
  1. Supaya kita dapat mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivitas untuk meningkatkan pemahaman siswa.
  2. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi IPA di SD.

Lihat Juga :
 
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Konstruktivitas Dalam Pembelajaran
Kegiatan belajar adalah kegiatan yang aktif, dimana siswa membangun sendiri pengetahuannya. Siswa mampu mencari arti sendiri dari yang mereka pelajari, ini merupakan proses menyesuaikan konsep-konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berfikir yang telah ada dalam pikiran mereka. Dalam hal ini siswa membentuk pengetahuan mereka sendiri dan guru membantu sebagai mediator dalam proses pembentukan itu.  

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon