Makalah Tari Saman

Makalah Tari Saman

 
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah “TARI SAMAN  ini guna memenuhi salah satu tugas Kelompoki mata kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari.
Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari yang telah membimbing dalam penyusunan makalah ini, juga kepada rekan-rekan yang telah memberi dukungan untuk penyusunan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi penulis. Apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kalimat atau bahasa yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk itu kami mengharapkan ritik dan saran yang membangun dari guna mencapai penyempuraan laporan penyusun kedepan.



Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................          ii
DAFTAR ISI...........................................................................          iii
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang.........................................................         1
B.     Tujuan...................................................................         1
C.     Sasaran..................................................................         2
BAB II DESKRIPSI TARIAN
A.     Sejarah Tari Saman ...................................................         3  
B.     Fungsi Tari Saman......................................................        4
C.     Jenis Tari Saman.......................................................         4
D.    Alat Pendukung Tari Saman...........................................         5



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
           Negara indonesia adalah negara yang terdiri dari beribu-ribupulau, bermacam-macam suku berbagai budaya.  Karena negara Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan adat dan budaya sehingga merupakan aset negara yang tidak ternilai harganya, diantara beribu-ribu budaya berarti beribu-ribu kesenian dari setiap daerah yang diantaranya kesenian Tari Saman yang berasal dari daerah Aceh yang merupakan Tarian yang cukup populer di negeri kita ini. Kami sengaja dalam penyusunan makalah ini akan membahas tentang Tari Saman, karena Tarian ini sangat unik serta untuk menampilkan tarian ini diperlukan kekompakan antara penari yang satu dengan yang lainnya
Penari saman apabila tidak mempunyai konsftarientrasi yang tinggi maka tidak akan bisa menghasilkan tarian yang begitu sempurna dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Untuk itu tarian ini patut menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara kita jangan sampai kesenian negara kita ini sampai beralih tangan ke pihak asing, maka dari itu kita harus selalu menjaga dan melestarikan kesenian di negara tercinta kita ini. Karena keperibadian suatu bangsa terletak pada kebudayaannya.
B.      Tujuan
            Kami menyusun makalah ini tentunya mempunyai tujuan, yang pertama kami bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah dan yang selanjutnya supaya kami dapat mengetahui lebih dalam lagi apa itu Tari Saman serta kami setelah mempelajari makalah ini diharapkan bisa menjunjung tinggi dan menghargai kesenian di Indonesia terutama kesenian tradisional.
C.      Sasaran
Sasaran dari pembahasan makalah ini adalah Mahasiswa STAI AL IHYA Kampus 2 Selajambe Kabupaten Kuningan, yang mana kami selaku mahasiswa yang sedang menempuh S1 PGMI/SD.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Sejarah Tari Saman
            Awalnya muasal Tarian ini di namakan Saman itu karena diciptakan oleh seorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman pada sekitar abad XIV Masehi, dari dataran tinggi Gayo. Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, serta diiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari. Saat itu, tari saman menjadi salah satu media dakwah.

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.

Lihat Juga :

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon