Makalah Perkembangan Pada Masa Hindu

Makalah Perkembangan Pada Masa Hindu



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Sebelum pengaruh Hindu-Buddha masuk ke indonesia, sebenarnya masyarakat sudah mempunyai kepercayaan dan adat istiadat yang dilaksanakan secara turun temurun. Mereka hidup sangat sederhana dalam kelompok-kelompok kecil maupun besar, dan belum tersentuh kebudayaan apapunselain peninggalan nenek moyangnya sendiri. Lambat laun terjadi interaksi antar kelompok. Karena tuntunan kebutuhan, akhirnya terjadilah hubungan perdagangan, bahkan berkembang adanya pelayaran antar pulau dan antarbenua.
1.2  RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang kami kaji adalah :
1.      Bagaimana proses masuknya agama Hindu-Buddha
ke Indonesia ?
2.      Bagaimana perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia ?
3.      Apa saja peninggalan Hindu-Buddha ?
1.3  TUJUAN PENULISAN
Ø  Untuk memenuhi tugas mata pelajaran IPS
Ø  Untuk mempelajari dan mengetahui proses masuknya Hindu-Budha ke Indonesia.
Ø  Untuk mengetahui peninggalan-peninggalan Hindu-Buddha di Indonesia


BAB II
PEMBAHASAN

2.1    AGAMA HINDU
Pada sekitar tahun 1500 sebelum Masehi, bangsa Arya berhasil menaklukan penduduk asli yaitu bangsa Dravia di India. Kemudian lahir agama Hindu yang merupakan gabungan antara kepercayaan bangsa arya Arya dan kepercayaan bangsa Dravida. Agama Hindu mempunyai banyak Dewa, namun tiga Dewa yang senantiasa di puja yang lebih dikenal dengan nama Tri murti, yaitu Dewa Brahmana (Dewa Pencipta), Dewa Wisnu (Dewa Pelindung) dan Dewa Syiwa (Dewa Perusak).
Menurut Agama Hindu manusia yang hidup  sekarang ini merupakan reinkarnasi dari kehidupan sebelumnya. Manusia hidup di dunia adalah samsara atau sengasara. Agama Hindu mengajarkan bahwa tujuan manusia adalah menyatu kembali kepada sumber dari segala sumber yang ada yakni Brahman. Untuk itu, tujuan yang hendak diraih adalah Moksa yaitu terbebas dari dilahirkan kembali.

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas


Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Perkembangan Pada Masa Hindu ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon