Makalah Cuaca

Makalah Cuaca

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pada ilmu pengetahuan alam pergerakan planet bumi ini menyebabkan besarnya energi matahari yang diterima oleh bumi tidak merata, sehingga secara alamiah ada usaha pemerataan energi yang berbentuk suatu sistem peredaran udara, selain itu matahari dalam memancarkan energi juga bervariasi atau berfluktuasi dari waktu ke waktu. Dari perpaduan antara proses-proses tersebut lah unsur-unsur iklim dan faktor pengendali iklim menghantarkan kita pada kenyataan bahwa kondisi cuaca dan iklim bervariasi dalam hal jumlah, intensitas dan distribusinya. Dengan eksploitasi lingkungan yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan serta pertambahan jumlah penduduk bumi yang berhubungan secara langsung dengan penambahan gas rumah kaca secara global akan meningkatkan variasi tersebut. Keadaan seperti ini mempercepat terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan penyimpangan iklim dari kondisi normal. 
B. Rumusan Masalah

  - Apa yang dimaksud dengan cuaca?
  - Bagimanakah proses terjadinya cuaca?

C.       Tujuan
- Setelah mempelajari tentang cuaca kita akan lebih memahami apa dampak yang terjadi apabila cuaca sudah tidak teratur lagi.
- Menghindari atau mencegah terjadinya perubahan iklim yang di luar kewajaran karena akan mengakibatkan buruk bagi kehidupan bumi.

Lihat Juga :
Makalah Tari Saman 


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca yang bisa terjadi hanya beberapa jam saja. Misalnya: pagi hari, siang hari atau sore hari, dan setiapvkeadaannya bisa berbeda-beda untuk setiap tempat serta setiap jamnya.

B.       Proses Terjadinya Cuaca
Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama tetapi berbeda pengertian khususnya terhadap kurun waktu. Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu, sedangkan iklim merupakan kondisi lanjutan dan merupakan kumpulan dari kondisi cuaca yang kemudian disusun dan dihitung dalam bentuk rata-rata kondisi cuaca dalam kurun waktu tertentu


Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.
Download Makalah Pembelajaran IPA Yang Kontruktivitas

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Cuaca ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon