Makalah Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan

Makalah Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan

Makalah Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan



KATA PENGATAR

Asalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulilah makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan . Terimakasih saya sampaikan kepada Bapak Guru PLH yang telah membimbing dan memberikan mata pelajaran demi lancarnya terselesaikannya tugas ini.
Dalam makalah ini membahas tentang “Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan” makalah ini saya susun dengan harapan dapat menjadi sebuah manfaat bagi semua kalangan,terutama bagi para pelajar penerus bangsa.
Demikianlah makalah ini saya buat dengan kesungguhan hati semoga bermanfaat. Mohon maaf bila kurang berkenan karena manusia tidak luput dari kesalahan.

Wasalamualaikum Wr.Wb               
                                                            

BAB I
PENDAHULUAN
      1.1  Latar Belakang
Indonesia merupakan rumah dari hutan hujan terluas di seluruh Asia, meski Indonesia terus mengembangkan lahan-lahan tersebut untuk mengakomodasi populasinya yang semakin meningkat serta pertumbuhan ekonominya. Bahkan pada saat ini, hanya kurang dari separuh hutan Indonesia yang masih terjaga kelestariannya, penurunan signifikan dari luasnya hutan pada awalnya terjadi antara tahun 1990 dan tahun 2005, negara ini telah kehilangan kurang lebih dari 28 juta hektar hutan lindung, termasuk 21,7% hutan asri, penurunan kualitas lingkungan hutan yang kaya ini adalah yang kedua di bawah Brazil,
Pada masa itu, sejak akhir tahun 1990an, penggusuran hutan primer makin meningkat hingga 2%. Dan kini, hutan-hutan Indonesia adalah hutan yang paling terancam di muka bumi ini karena kelestariannya menurun drastis dari tahun ketahun. Sekjarang ini jumlah area hutan hujan di Indonesia dari tahun ketahun makin turun darstis dan banyak dihancurkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti, penebangan hutan secara liar, penambangan, perkebunan agrikultur dalam skala besar, kolonisasi, dan aktivitas lain yang substansial, seperti memindahkan pertanian dan menebang kayu untuk bahan bakar. Dan akibatnya luas hutan hujan di Indonesia semakin menurun dari tahun ketahunnya, mulai dari tahun 1960an ketika 82% luas negara ditutupi oleh hutan hujan, kini kembali turun menjadi 68% di tahun 1982, lalu menurun kembali menjadi 53% di tahun 1995, dan sampai titik terkecil 49% pada saat ini. Bahkan, banyak dari sisa-sisa hutan tersebut yang bisa dikategorikan hutan yang telah ditebangi dan terdegradasi tanpa memikirkan akibat dari masalah ini.

      1.2  Tujuan

  1. Megurangi penebangan hutan liar dengan melihat fungsi dan manfaat huta di indonesia
  2. Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap hutan di Indonesia
  3. Menumbuhkan rasa menjaga lingkungan hutan yang mengalami penggundulan hutan

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Hutan
Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan semacam ini terdapat di wilayah yang luas di dunia dan tidak lain berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting.


Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Sudah jelas bahwa kita dapat menemukan lingkungan hutan ini baik di daerah yang beriklim tropis maupun daerah yang beriklim dingin, di dataran rendah maupun di dataran tinggi, di pulau kecil maupun di benua besar.

Selengkapnya bisa langsung kalian download melalui link dibawah ini.

Makalah Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan

Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai Makalah Manfaat Hutan dan Pengolahan Hutan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa share dan tinggalkan komentarnya. 


1 komentar:

artikelnya keren gan,,salam manis buat agan2 semua...

bandar poker online indonesia

Balas

Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon