10 Sikap dan Sifat Yang Sangat Penting Bagi Guru

10 Sikap dan Sifat Yang Sangat Penting Bagi Guru

10 Sikap dan Sifat Yang Sangat Penting Bagi Guru - Untuk menjadi seorang guru yang baik sebenarnya tidaklah sulit, tetapi apa ya parameternya? Berikut ini adalah beberapa rahasia yang diambil dari bukunya Pak Mulyasa. Kira-kira saya udah termasuk belum ya, paling gak beberapa yang disebutin dibawah ini.

  1. Memiliki sikap adil, menjadi seorang guru harus memiliki sikap yang adil dalam memperlakukan anak didik, semuanya harus dengan cara yang sama, misalnya dalam hal memberi nilai dan menghukum anak didik. 
  2. Memiliki sikap saling percaya, menjadi seorang guru juga harus percaya terhadap anak didiknya. Dengan ini bahwa seorang guru harus mengakui bahwa anak-anak adalah seorang yang mempunyai kemampuan dan kemauan, mempunyai kata hati untuk menyesali perbuatannya buruk yang dia lakukan dan menimbulkan kemauan untuk mencegah hal yang buruk kembali seperti yang pernah dia lakukan.
  3. Memiliki sikap sabar dan rela berkorban, kesabaran merupakan syarat utama yang sangat diperlukan oleh guru sebagai seorang pendidik. Tidak hanya itu sifat sabar juga perlu dimiliki guru baik dalam melakukan tugas mendidik muridnya.
  4. Memiliki kewibawaan, tanpa adanya kewibawaan pada seorang guru tidak  memungkinkan bahwa pendidikan itu masuk ke dalam sanubari anak-anak. Tanpa kewibawaan, murid-murid hanya meremhkan seorang guru itu sendiri, dan dianggap sebagai teman sebaya. Tentu ini adalah hal yang sangat buruk, seharusnya guru itu dihormati oleh anak didiknya.
  5. Memilki sifat humoris, Menjadi seorang guru hendaklah memiliki sifat humoris atau suka bertingkah lucu dan tidak kaku. Sifat seperti ini sangat banyak gunanya bagi seorang guru, antara lain adalah sebagai upaya memikat perhatian anak-anak pada waktu mengajar, supaya anak-anak tidak merasa bosan atau lelah pada saat jam pelajaran. Sifat humor yang pada tempatnya merupakan pertolongan untuk memberi gambaran yang betul dari beberapa pelajaran, yang penting lagi adalah rasa humor dapat mendekatkan guru dengan muridnya, seolah-olah tidak ada perbedaan umur, kekuasaan dan perseorangan. 
  6. Bersikap baik terhadap guru-guru lain, terciptanya suasana baik diantara guru-guru disekolah nyata dari pergaulan ramah-tamah mereka di dalam dan di luar sekolah, mereka saling menolong dan kunjung mengunjungi dalam keadaan suka dan duka. Mereka semua merupakan keluarga besar, keluarga sekolah, atau bisa di ibaratkan keluarga kedua. Bertindaklah bijaksana jika ada anak-anak atau kelas yang mengajukan kekurangan atau keburukan seorang guru kepada guru lain.
  7. Selalu bersikap baik terhadap masyarakat, Tugas dan kewajiban guru tidak hanya terbatas pada sekolah saja tetapi juga dalam masyarakat. Sekolah hendaknya menjadi cermin bagi masyarakat sekitarnya, dirasai oleh masyarakat bahwa sekolah itu adalah kepunyaannya dan memenuhi kebutuhan mereka. Suatu sekolah akan asing dimata rakyat jika unsur guru-gurunya memencilkan diri dari lingkungan masyarakat, tidak suka bergaul atau tidak bersikap baik terhadap masyarakat sekitar.
  8. Benar-benar menguasai mata pelajarannya, guru harus selalu menambah pengetahuannya. Mengajar tidak dapat dipisahkan dari belajar. Seorang guru yang pekerjaannya mendidik para muridnya tidak mungkin akan berhasil baik jika guru itu sendiri tidak selalu berusaha menambah pengetahuannya. Jadi sambil mengajar sebenarnya guru itu sedang dalam proses belajar juga.
  9. Suka pada mata pelajaran yang ia ajarkan, seorang guru ditugaskan untuk mengajar bahasa indonesia misalnya, jadi kita harus suka pada mata pelajaran yang akan kita ajarkan ini. Mengajarkan mata pelajaran yang disukai akan menghasilkan nilai positif  dan mendatangkan kegembiraan baginya daripada sebaliknya. Di sekolah ini memang penting bagi guru untuk memilih mata pelajaran yang disukainya yang anatinya akan diajarkan kepada anak didiknya.
  10. Memiliki pengetahuan yang luas, menjadi seorang guru itu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang mata pelajaran yang sudah menjadi tugasnya dalam mengajar, dan akan lebih baik lagi jika guru itu mengetahui pula tentang segala tugas yang penting bagi dirinya, yang ada hubungannya dengan tugasnya di dalam masyarakat. Guru merupakan tempat bertanya tentang segala sesuatu bagi masyarakat. 

Baca juga :
Sekian sedikit artikel yang saya bagikan mengenai 10 Sikap dan Sifat Yang Sangat Penting Bagi Guru. Sekian dan terima kasih semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dimanapun berada.


Kritik dan saran para pembaca sangat bermanfaat bagi kami!

Emoticon